Sahabat Nestle Harus Menghindari Beberapa Kombinasi Makanan Ini Agar Tidak Mudah Sakit

Sahabat Nestle Harus Menghindari Beberapa Kombinasi Makanan Ini Agar Tidak Mudah Sakit

Yang harus diketahui Sahabat Nestle ada beberapa kombinasi makanan yang perlu dihindari. Pasalnya kombinasi tersebut mengurangi nutrisi dalam makanan terserap dengan sempurna.

Tak hanya itu, makanan yang dikonsumsi dengan tidak tepat juga menyebabkan penyakit pencernaan. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati saat makan. Jangan mengkonsumsi dua makanan yang dilarang untuk dikombinasikan tersebut.

Sayangnya, banyak masyarakat yang belum paham mengenai makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Bagi yang belum tahu, berikut beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi bersamaan :

1. Buah setelah atau saat makan

Semua jenis buah memiliki waktu pencernaan yang cepat dibanding bahan makanan lain. Buah langsung masuk ke usus yang selanjutnya langsung dicerna oleh tubuh.

Jika buah dikonsumsi bersamaan dengan makanan dengan waktu cernanya lambat akan membuatnya mengendap lama di perut. Hal tersebut membuat kandungan gula pada buah menumpuk.

Buah akhirnya berfermentasi yang pasti tidak bagus untuk sistem pencernaan. Pasalnya menyebabkan efek panas pada perut. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah adalah 30 hingga 60 menit sebelum makan.

Saat buah dikonsumsi ketika perut kosong, buah akan membantu perut agar mampu mencerna makanan berat. Tidak heran jika penyerapan nutrisi menjadi lebih bagus. Ini alasan kenapa disarankan mengkonsumsi buah sebelum makan.

2. Zat tepung dan protein hewani

Zat tepung yang dikonsumsi dengan protein hewani akan membuat keduanya saling menetralisir efektivitas. Protein akan membusuk dan zat tepung akan berfermentasi.

Hal tersebut membuat perut akan kembung dan mudah lapar. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang cocok dengan kombinasi dua zat makanan tersebut.  Contoh makanannya nasi dan perkedel kentang.

Kombinasi nasi serta kacang-kacangan juga tidak buruk. Sebenarnya kamu tidak masalah mengkonsumsi kedua bahan makanan ini. Hanya saja harus ada penetralisir agar tidak memperburuk pencernaan.

Contoh makanan yang bagus untuk menetralisir kedua bahan makanan ini adalah sayuran. Jadi jika ingin mengkonsumsi dua bahan makanan tersebut, kombinasikan juga dengan sayuran hijau mentah.

3. Lemak dan beberapa makanan yang tidak tepat

Lemak membutuhkan zat empedu agar proses pemecahannya bisa dilakukan dengan sempurna. Sebaliknya, jika dikombinasikan dengan makanan yang salah, lemak akan membuat masalah pada pencernaan.

Lemak menciptakan sebuah api yang bagus untuk pencernaan. Sayangnya, jika api tersebut terlalu besar, pencernaan akan bermasalah. Oleh karena itu kamu harus hati-hati saat memakan lemak.

Jangan lupa untuk menambahkan sayuran hijau saat sedang mengkonsumsi lemak, baik lemak nabati atau hewani seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan alpukat.

Sahabat Nestle sekarang sudah tahu apa saja bahan makanan yang dilarang untuk dikombinasikan. Jangan lupa, selalu perbanyak konsumsi air agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Imbangi juga dengan olahraga teratur.

Related Posts