Kegiatan di Rumah untuk Mengasah Kreativitas Anak TK

Kegiatan di Rumah untuk Mengasah Kreativitas Anak TKPandemi Covid 19 yang sudah berjalan lebih dari satu tahun dan masih berlangsung hingga saat ini membuat anak-anak tidak bisa lagi masuk ke sekolah, termasuk anak-anak yang masih duduk di bangku Tk. Sebagai orang tua tentu harus bisa memikirkan cara agar anak tetep bisa melakukan kegiatan kreatif untuk anak tk yang bisa di lakukan di rumah.

Kreativitas tidak muncul begitu saja, tapi di latih sejak usia dini. Kreativitas yan di latih sejak usia dini akan berdampak positif ketika anak-anak mulai tumbuh kembang ke remaja, dewasa hingga ke lansia. Berikut beberapa kegiatan yang bisa di gunakan untuk melatih kreativitas anak di rumah.

  1. Menyusun Puzzle & Balok

Puzzle dan Balok adalah mainan yang cukup edukatif  yang manfaatnya bisa langsung di lihat pada pertumbuhan anak, kreativitas anak akan terlihat atas apa yang ia bikin selama memainkannya. Dari setiap potongan puzzel dan balok akan berpikir apa yang akan mereka buat, bahkan ketika menonton tv melihat rumah yang indah mereka akan coba membuatnya melalui mainan balok ataupun puzzle. Biarkan anak membuat apa yang mereka inginkan mulai dari rumah, hewan hingga karakter animasi yang ia inginkan. Dari sini akan terlihat seberapa kreativ anak anda ketika menemukan masalah pada objek apa yang ingin dia buat.

  1. Menggambar dan Mewarnai

Salah satu kegiatan yang paling mudah di lakukan adalah menggambar dan mewarnai. Sebagai orang tua anda cukup menyediakan pensil warna dan buku gambar yang mana karakter dalam buku gambar tersebut merupakan karakter yang ia sukai mulai dari hewan, tanaman atapu karakter fiksi berupa ultraman dll Jangan batasi kreativitasnya dalam mewarnai dengan mengatakan warna ini salah tidak cocok dll biarkan ia mewarnai sesuai keinginannya atau anda sebagai orang tua bisa memberikan contoh langsung dengan menggambar bersama-sama jikan ingin membantu anak berkembang.

Mewarnai sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang pada kemampuan motorik anak serta keterampilan pada tangan dalam memegang serta menggerakan sebuah benda.

  1. Membaca Buku

Yang satu ini agak membutuhkan ekstrak waktu orang tua, selain mengajarkan anak membaca secara tidak langsung tapi juga membuat anak terasang otaknya bagaimana ia menceritakan karakter yang terdapat di dalam buku dan ada masanya ia menirukan karakter yang terdapat di dalam buku.

  1. Memasak dan Membuat Prakarya

Nah manfaat yang satu ini sangat besar terhadap tumbuh kembang anak di mulai bagaimana ia mampu membedakan rasa lalu bagaimana membuat rasa yang misalnya terlalu manis menjadi tidak terlalu manis, apa saja yang perlu di tambahkan. Ini akan membuat anak berpikir solusinya agar rasanya sesuai apa yang dia inginkan. Tentunya untuk point yang satu ini di butuhkan pendampingan langsung dari orang tua ataupun orang dewasa

Related Posts