Kapankah Minum Secangkir Kopi Yang Ideal Dan Baik Untuk Tubuh?

Kapankah Minum Secangkir Kopi Yang Ideal Dan Baik Untuk Tubuh?

Morning coffee menjadi habit bagi beberapa orang untuk mengkonsumsi kopi. Rutinitas harian ini sendiri banyak dilakukan pekerja sebelum memulai hari dan tepat setelah membuka mata. Mengonsumsi kopi pagi hari dipercaya bisa menambah energi dan membuat tubuh lebih siap dalam melakukan berbagai kegiatan harian. Namun, apakah mengkonsumsi kopi pada pagi hari merupakan waktu minum kopi yang tepat?

Kopi mengandung kafein yang bisa memiliki efek positif bagi tubuh. Kadar kafein yang dimiliki kopi sendiri variatif tergantung kepada jenis proses roasting kopi dan juga pembuatan kopi siap minum sendiri. Kafein sendiri mampu mempengaruhi kinerja hormone kortisol dalam tubuh. Dimana hormone ini sendiri berpengaruh kepada tingkat kewaspadaan diri seseorang. Sebab itu, konsumsi kopi perlu mempertimbangkan waktu minum kopi untuk menghindari efek meningkatkan kewaspadaan diri karena kafein.

Apa yang terjadi bila kafein bertemu kortisol? Ketika konsumsi kopi dilakukan diwaktu yang tidak tepat maka bertemunya kafein dan hormon kortisol yang saat itu sedang tinggi akan menyebabkan kewaspadaan tubuh meningkat karena banyaknya glukosa dalam tubuh. Hal ini dikarenakan hormon kortisol sendiri mampu mengubah cadangan energi menjadi glukosa. Sebab itu, mempertimbangkan waktu minum kopi yang tepat perlu dilakukan.

Hormon kortisol sendiri memiliki jadwal tertentu yang mampu menyebabkan pengubahan cadangan energi menjadi glukosa. Berikut ini merupakan waktu minum kopi yang tidak direkomendasikan.

  •         Pukul 08.00 – 09.00
  •         Pukul 12.00 – 13.00
  •         Pukul 17.30 – 18.30
  •         4 – 6 jam sebelum tidur malam
  •         Mendekati waktu makan

Bila kamu sering mengkonsumsi kopi di jam tersebut, kopi akan berimbas negatif pada tubuh. Sebab mampu meningkatkan rasa waspada dalam tubuh. Selain itu, akan membuat kamu memiliki perasaan tidak enak. Lalu kapan waktu minum kopi yang tepat? Berikut rekomendasinya.

  •         Pukul 09.30 – 11.30
  •         30 menit sebelum olahraga

Melakukan morning coffee yang baik, dilakukan pada jam yang telah disebutkan diatas. Hal ini dikarenakan pukul 09.30 – 11.30 tubuh cenderung memproduksi hormone kortisol yang rendah. Sebab itu mampu menunjang mood dan juga semangat. Tidak heran jika waktu tersebut sering disebut sebagai coffee time.

Konsumsi kopi sebelum olahraga mampu meningkatkan energi dan semangat bila dikonsumsi 30 menit sebelum kegiatan berlangsung. Efek kafein dalam tubuh sendiri bisa tahan hingga 6 jam lamanya. Sebab itu, ketika ngopi di malam hari sering menyebabkan insomnia. Terlebih bila mengkonsumsinya bersama dengan makan malam. Tentunya akan semakin mendukung peningkatan kewaspadaan pada diri.

Dalam mendukung kesehatan tubuh dan kelancaran metabolisme dalam tubuh, ada baiknya mengkonsumsi kopi dilakukan pada jam yang disebutkan diatas. Bila dikonsumsi pada waktu yang tepat kopi bisa mengendalikan hormon kortisol dan menghasilkan efek menenangkan pada tubuh. Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan mood juga bila dikonsumsi tepat. Jadi, kamu yang suka ngopi sudah benar belum konsumsi kopinya?

Related Posts