Ini 6 Faktor Penyebab Biduran yang Sebaiknya Diwaspadai

Ini 6 Faktor Penyebab Biduran yang Sebaiknya DiwaspadaiPenyakit kulit seringkali dirasa begitu mengganggu. Tak hanya menyakitkan, gangguan pada kulit juga biasanya menyebabkan masalah penampilan. Salah satu gangguan kulit yang sering dijumpai adalah biduran. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bilur warna merah maupun putih dan biasanya sangat gatal. Ternyata ada begitu banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi.

Faktor Pemicu

Gangguan pada kulit ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami pembengkakan di beberapa area. Agar bisa dicegah, maka penting untuk dicari tahu apa saja penyebab atau faktor pemicunya. Berikut adalah 6 faktor yang bisa menjadi penyebab dari penyakit ini:

1. Alergi Makanan

Hal pertama yang bisa menyebabkan kondisi ini ialah alergi terhadap bahan makanan tertentu. Beberapa orang memang mengidap alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti telur, susu, seafood, dan lain sebagainya. Sebaiknya, ketahui apa bahan makanan yang menjadi alergen. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi bahan makanan tersebut walaupun dalam jumlah sedikit.

2. Sensitif terhadap Cuaca

Penyakit kulit ini juga bisa dipicu oleh sensitivitas yang tinggi terhadap cuaca. Paparan sinar matahari yang berlebihan, suhu udara yang terlalu dingin, juga angin yang bertiup kencang bisa menjadi penyebab kondisi ini. Tentunya hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi tubuh masing-masing individu. Tidak semua orang akan menunjukkan reaksi serupa saat terpapar cuaca yang sedikit ekstrem.

3. Stres

Ternyata stres juga bisa menjadi penyebab munculnya biduran. Stres itu sendiri memang diketahui bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit baik yang mengganggu fisik maupun mental. Stres biasanya akan menyebabkan imunitas menurun sehingga sangat rentan terserang penyakit. Menurunnya imunitas ini juga bisa menimbulkan reaksi pada tubuh berupa gatal-gatal dan penyakit kulit.

4. Keringat Berlebih

Penyakit kulit ini juga bisa muncul akibat adanya produksi keringat yang berlebihan. Pada saat tubuh berkeringat maka akan terjadi produksi asetilkolin yang menghambat pecahnya sel. Kondisi ini bisa mengganggu pertumbuhan sel-sel kulit sehingga terjadilah iritasi dan ruam.

5. Konsumsi Obat Tertentu

Penyakit kulit ini juga dapat muncul selepas minum jenis obat tertentu. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai efek samping dari konsumsi obat. Memang tidak semua orang akan menunjukkan kondisi seperti ini setelah minum obat. Langsung konsultasikan kepada dokter apabila muncul reaksi pada kulit akibat pemakaian jenis obat tertentu.

6. Gigitan Serangga

Faktor pemicu berikutnya adalah gigitan serangga. Tubuh setiap orang bisa menunjukkan reaksi yang berbeda setelah digigit serangga. Salah satunya bisa saja terjadi penyakit kulit semacam ini. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu berhati-hati agar terhindar dari gigitan serangga.

Itulah 6 faktor yang bisa menjadi penyebab biduran. Tentunya kondisi ini bisa diatasi dengan pengobatan yang tepat. Hindari menggaruk kulit yang mengalami iritasi dan pastikan untuk menjaganya tetap kering. Selalu jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Related Posts