Cara Mudah Mengurangi Kalori Untung Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Cara Mudah Mengurangi Kalori Untung Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Kebanyakan orang mungkin tahu jika mengurangi kalori dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa diantara kita mungkin sangat paham dengan hal ini bahkan banyak juga yang tahu cara menghitung kalori karena saat ini sudah banyak tools kalkulator kalori yang dapat dimanfaatkan. Meski demikian, tidak semuanya mengetahui bagaimana caranya.

Tak perlu bingung, berikut panduan sederhana untuk membantu Anda mengurangi kalori tubuh dengan menerapkan langkah-langkah yang mudah.

  1. Ganti Daging dengan Sayuran

Sudah pasti alasannya sederhana. Sayuran lebih sedikit kalori ketimbang daging. Jika Anda tak terlalu suka rasa sayuran untuk lauk, Anda dapat memilih jamur yang lezat dan cita rasanya mirip seperti daging ayam. Selain itu, sayuran seperti jamur juga mengandung protein tinggi dan mengandung sedikit kalori.

  1. Hindari Gorengan

Menumis daging atau sayuran, akan membuat minyak terserap ke dalam makanan kita. Akibatnya, makanan jadi lebih banyak kalori. Daripada menumis atau menggoreng, ganti cara pengolahan dengan memanggang, mengukus, atau merebus.

Di samping mengurangi atau menghilangkan lemak, makanan akan jauh lebih sehat karena mengandung sedikit minyak dan dapat mengurangi kalori.

  1. Temukan Opsi Lebih Sehat

Ingin mengonsumsi camilan makanan yang lebih sehat? Gantilah krim asam dengan greek yogurt yang mengandung lebih sedikit kalori.

Patut diingat, baca dahulu label kemasan sebelum membeli. “Rendah kalori” dan “rendah lemak” itu berbeda. Jadi, periksa dengan teliti sebelum membeli dan membandingkan angka komposisinya.

  1. Menghindari Minuman Tinggi Kalori

Siapa yang bisa menolak kopi dan teh sebagai minuman pelengkap saat santai? Akan tetapi, menambahkan 1 sendok krim dan 2 sendok teh gula dapat menghasilkan sekitar 60 kalori per cangkir kopi.

Bagaimana jika Anda minum 3 cangkir setiap hari? Itu sama halnya dengan Anda meminum soda. Bahkan, secangkir frappuccino lezat, bisa mengandung 16 ounce gula dengan sekitar 400 kalori atau lebih.

  1. Pilih Camilan Sehat

Anda bisa mengurangi kalori dan menambahkan serat serta protein jika memilih menu camilan yang lebih sehat. Sebagai contoh, hummus, seledri, wortel, dan irisan paprika. Gantilah keripik kentang dengan camilan ringan popcorn tanpa mentega.

Satu lagi, tempatkan camilan sehat ini di atas mangkuk atau piring agar Anda bisa membatasi porsi dan tidak berlebihan saat memakannya.

  1. Minum sebelum makan

Meminum air putih sebelum makan bisa membuat rasa kenyang Anda lebih maksimal, sehingga mencegah makan berlebih.

Sebagai buktinya, satu studi menemukan orang yang meminum air putih sebanyak 2 cangkir (500 mililiter) sebelum makan, mengalami penurunan kalori sebanyak 13%.

Terbukti, mengurangi kalori itu tidak sulit, bukan? Selain mencoba tips di atas, jangan lupa tetap jaga aktivitas fisik dengan rajin berolahraga dan juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Salah satu asuransi kesehatan yang dapat kamu pilih adalah asuransi kesehatan dari Super You, kenapa? Pilihan asuransi kesehatan di Super You sangat beragam, ada asuransi kesehatan cash plan, penyakit kritis dan juga penyakit menular termasuk covid-19. Harga preminya pun sangatlah terjangkau mulai dari Rp 40 ribuan per bulan. Murah bukan? Untuk info lebih lengkapnya kamu dapat kunjungi SuperYou.co.id

Related Posts