2 Cara Membuat Makanan Basah Kucing

2 Cara Membuat Makanan Basah Kucing
2 Cara Membuat Makanan Basah Kucing

Cara terbaik saat merawat kucing agar tumbuh sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya, dengan cara memberikan makanan dengan kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Namun, harga makanan kucing yang dijual di pet shop tidak semuanya mudah dijangkau. Lantas bagaimana cara mengantisipasinya? Simak cara membuat makanan basah kucing di bawah ini.

Nutrisi yang Dibutuhkan Kucing

Meskipun kucing Anda lahap saat memakan makanan yang Anda berikan. Anda juga harus mempertimbangkan komposisi yang Anda gunakan saat membuat makanan kucing tersebut. Dilansir dari halaman Pets WebMD, berikut ini beberapa kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan kucing.

1. Protein

Kucing memerlukan asupan protein yang tinggi. Sehingga Anda bisa memberikan makanan yang terbuat dari bahan utama daging atau ikan untuk menunjang pertumbuhan hewan peliharaan Anda.

2. Asam Amino dan Asam Lemak

Asam amino sangat dibutuhkan kucing untuk memproduksi urea, yang berguna untuk mengontrol racun dalam tubuh. Sementara itu, aman lemak berguna untuk memproduksi hormon dan pembentukan sel. Serta berperan dalam pelarutan vitamin dalam tubuh.

3. Vitamin dan Mineral

Vitamin berguna dalam semua proses metabolisme dalam tubuh. Sementara mineral sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing. Sehingga kedua nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh kucing. Namun, jangan memberikannya terlalu berlebihan.

Resep Cara Membuat Makanan Basah Kucing

Sebagian masyarakat menjadikan nasi sebagai alternatif makanan kucing. Karena lebih hemat dan mudah didapatkan. Nyatanya, kandungan karbohidrat yang tinggi tidak dibutuhkan oleh kucing. Bahkan, kelebihan karbohidrat bisa menyebabkan masalah pada kesehatan kucing. Oleh sebab itu, berikut ini alternatif resep makanan kucing yang sangat mudah dibuat.

1. Resep Olahan Ikan

Alternatif makanan kucing yang bisa Anda buat sendiri adalah makanan kucing yang dibuat dari bahan dasar ikan laut, seperti tongkol dan tuna. Kandungan asam lemak dan asam amino yang tinggi dan juga bau dan rasa yang dihasilkannya akan meningkatkan nafsu makan kucing Anda. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • 1 cangkir ikan laut yang sudah direbus.
  • 2 sendok makan wortel parut yang sudah direbus.
  • 1/3 cangkir oatmeal yang sudah dimasak.

Cara membuat makanan kucing dari ikan laut:

  • Masukkan semua bahan ke dalam wadah.
  • Campur dan lumat hingga halus dan tercampur hingga merata.
  • Simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam lemari pendingin, makanan ini bisa bertahan hingga 3 hari.

2. Resep Olahan Daging Ayam

Selain ikan laut, olahan daging ayam juga disukai kucing dan juga mudah untuk didapatkan. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus memasaknya terlebih dahulu. Sebab, daging ayam yang belum dimasak mengandung bakteri Campylobacter dan Salmonella yang bahaya untuk sistem pencernaan. Untuk bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan:

  • 1 cangkir daging ayam rebus.
  • 1/2 cangkir brokoli dan wortel rebus.
  • 1 cangkir kaldu ayam.

Cara membuat makanan kucing dari daging ayam:

  • Masukkan dan haluskan semua bahan ke dalam blender.
  • Tambahkan kaldu ayam secara perlahan hingga teksturnya lembut dan jangan biarkan terlalu basah.
  • Sebelum memberikannya kepada kucing peliharaan, pastikan bersuhu ruangan.
  • Jika masih ada sisa, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah dan letakkan di lemari pendingin.

Nah, itu dia kedua resep yang bisa Anda jadikan alternatif makanan basah kucing. Perlu diingat, jika Anda ingin membuat makanan kucing sendiri, pastikan kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang.

Related Posts